SKL JSIT Untuk Semua Jenjang

Standar Kompetensi Kelulusan Jaringan Sekolah Islam Terpadu

JSIT.EU.ORG - Standar Kompetensi Lulusan Jaringan Sekolah Islam Terpadu atau di Singkat Skl Jsit (SKL Jsit) untuk semua jenjang Pendidikan Nasional.

Setiap program pendidikan tentunya tidak bisa dipisahkan dengan administrasi sekolah, hal ini mengacu kepada undang-undang yang diberlakukan untuk semua lembaga pendidikan, mulai dari pendidikan tingkat taman kanak-kanak hingga keperguruan tinggi.

Maka dari itu setiap lembaga pendidikan wajib memiliki standar kommpetensi kelulusan yang sesuai dengan peraturan jaringan sekolah islam terpadu (JSIT Indonesia). Berikut ini adalah standar kompetensi kelulusan untuk sekolah yang dibawah naungan jsit indonesia.

SKL JSIT Untuk Semua Jenjang


Standar Kompetensi Lulusan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (SKL Jsit)


I. Kompetensi Kepribadian Islami :

  • Memiliki aqidah yang salimah (lurus)
  • Melakukan ibadah yang shahihah (benar)
  • Mampu membaca dan menghafal Al-Quran dengan tartil
  • Mampu menghafal, memahami dan mengamalkan hadist pilihan
  • Memiliki akhlak dan adab islami

II. Kompetensi Kemandirian :


Aspek Fisik :
  • Mampu makan/minum sendiri
  • Mampu mandi sendiri
  • Mampu berganti pakaian sendiri (baju, celana/rok, sepatu)
  • Mampu memelihara peralatan sekolah miliknya sendiri

Aspek Finansial :
  • Mampu mengelola uang saku yang diberikan oleh orang tua atau saudara dengan sederhana

Aspek Intelektual :
  • Mengenal berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari
  • Berpikir sesuai dengan keyakinan sendiri

Aspek Sosial :
  • Mampu bermain dengan teman sebaya
  • Mampu menjadi pemimpin suatu permainan
  • Mampu bekerjasama dalam kerja kelompok
  • Berani bertanya pada teman atau guru dan berani menjawab pertanyaan
  • Mampu bersikap tenang dalam situasi yang dihadapi
  • Mampu memahami ekspresi wajah orang lain

III. Kompetensi Kecerdasan Akademik

  • Gemar membaca
  • Mampu menuangkan gagasan dan pengalaman secara lisan dan tulisan
  • Mampu berhitung cepat
  • Memiliki prestasi akademik yang memadai untuk melanjutkan Ke jenjang pendidikan selanjutnya
  • ke sekolah unggulan

Itulah beberapa SKL JSIT Untuk Semua Jenjang yang bisa kami sampaikan, semoga saja bisa bermanfaat untuk semua sekolah islam terpadu yang bernaung di jsit indonesia. Aamiin


Baca juga: Keunggulan Sekolah Islam Terpadu untuk Anak Usia Dini

PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program Bina Karakter dalam membentuk karakter peserta didik di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui program Bina Karakter di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, dan pendidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program Bina Karakter dalam membentuk karakter peserta didik di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin bahwa:

1) Perencanaan, usulan dari manajemen sekolah yang disampaikan dan disetujui oleh yayasan berupa pemikiran tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk pembentukan karakter peserta didik, yang mana kegiatan-kegiatan tersebut mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan salah satunya juga dari Dinas Pendidikan, kemudian yang menjalankannya adalah para pendidik dan wali kelas yang ada di sekolah.

2) Pelaksanaan, melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan sehari-hari dan pengadaan buku bina karakter.

3) Evaluasi, melalui kegiatan rapat besar atau disebut juga dengan syuro’ besar dan rapat kerja, yang mana para pendidik menyampaikan kendala-kendala atau yang lainnya berkaitan tentang kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam program Bina Karakter.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui program Bina Karakter di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin, yaitu: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

This study aims to describe and analyze the implementation of the character building program in shaping the character of students at SDIT Nurul Fikri Banjarmasin and describe and analyze the factors that influence the character building of students through the Character Building program at SDIT Nurul Fikri Banjarmasin.

This research uses a qualitative approach, a case study type with the subject of the principal, curriculum representatives, student representatives, and educators. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and verification.

Researchers used triangulation of sources and techniques. Based on the research results it can be concluded that the implementation of the character building program in shaping the character of students at SDIT Nurul Fikri Banjarmasin that:

1) Planning, proposals from school management submitted and approved by the foundation are in the form of thoughts on activities to be carried out for character building of students, where these activities refer to the Graduate Competency Standards (SKL) from the Integrated Islamic School Network (JSIT). ) and one of them is also from the Education Office, then those who run it are the educators and homeroom teachers at the school.

2) Implementation, through daily habituation activities and procurement of character building books.

3) Evaluation, through large meeting activities or also known as large syuro 'and work meetings, in which educators convey constraints or other related activities that are included in the Character Building program.

The factors that influence the character building of students through the Character Building program at SDIT Nurul Fikri Banjarmasin, namely: family environmental, school environment, and community environment.

Sumber: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/8970/

Promo anda Diskon 50% Jasa Desain Website Pendidikan, Sekali Bayar Hanya 300K

[getcode] JD50/Show Code

No need to feel difficult anymore in creating a website. You can also save budget by not having to pay a website developer to create a website. Because you yourself can easily create your own website.

There are More than 413 scripts that can be installed with one click. you can do easily without giving more time to work on the website.

Visit a Link Here



Post a Comment

0 Comments